WARNING, SAMPAH PLASTIK MENUTUPI BUMI!

Posted by Unknown on Senin, Februari 08, 2016 with 2 comments
Selamat malam semuanyaaa.... wah ngantuk banget! Udah jam 3!

Gak papa! Ini belum seberapa...

Oke, kali ini kita akan membahas plastik...

Apa itu plastik? Masa gak tahu sih...

Dah pokonya saya akan membahas tentang dampak buruk gaya hidup yang serba plastik jadi pilihannya...

Nah, asal kamu tahu.. plastik mulai digunakan sejak kurang lebih 60 tahun silam, dan sekarang udah jadi bbarang yang gak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Coba bayangkan... ke toko kelontong, plastik. Ke supermarket, plastik lagi. Beli makan, plastik lagi. Dan apa yang kita llakukan? Tidak lain dan tidak bukan adalah dibuang.. ya iyalah, ngapain nyimpen plastik segitu banyaknya...

Nah, didunia ini Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik yang digunakan tiap menit ....

Sedangkan  plastik salah satu bahannya adalah minyak. membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang.

Mengerikan....



Plastik itu susah diuraikan sama para mikroorganisme (non-biodegradable). Kira-kira Plastik butuh waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Lama banget..

Kantomg plastik itu dibuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Minyak dan batu bara itu gak bisa diperbarui. Meskipun bisa perlu jutaan tahun. Jadi semakin banyak buat plastik, SDA-jadi cepet habis

Karena fakta-fakta diatas, maka kurang lebih seperti ini akibat dari sampah plastik

§  Tercemarnya tanah, air tanah dan makhluk bawah tanah.

§  Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing.

§  PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.

§  Kantong plastik akan mengganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah.

§  Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah.

§  Kantong plastik yang sukar diurai, mempunyai umur panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun.

§  Hewan-hewan dapat terjerat dalam tumpukan plastik.

§  Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, penyu laut, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencernanya.

§  Ketika hewan mati, kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya.

§  Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir.

Wuuuh.. banyak banget.. kalo kuranf kamu bisa nambahin dikmen kalo mau..
Baik, kembali ke topik. Untuk masalah sampah kantong plastik ada yang mencoba tuk membakarnya. Tapi masih bannyak  dampak gak baiknnya.

Proses pembakaran yang gak sempurna dan gak mengurai partikel-partikel plastik dengan sempurna akan menjadi dioksin di udara. Dan jika manusia menghirup dioksin ini, bisa-bisa kena kanker, hepatitis, pembengkakan hati, dan gejala depresi.



Lha terus gimana? Kita juga gak bisa nyuruh pabrik plastik buat berhenti kan? 

Yang paling mungkin adalah pengurangan pemakaian, kalo gak daur ulang.

Kalo sempat saya akan posting artikel tentang tips daur ulang sampah “Merubah Sampah Menjadi Uang”. Hehehe.

Oke, sekian info yang dapat saya berikan, sampai disini pertemuan kita
Mampir lagi yaa... jangan lupa comment... :V
q



By:_DarKuN_